Waspada! 5 Modus Penipuan Online



Waspada! 5 Modus Penipuan Online [ www.BlogApaAja.com ]

Para pengguna internet tentu sudah seringmenjumpai berbagai modus penipuan yang dilakukan oknum tak bertanggung jawab.Mulai dari menyebarkan virus, membuat situs palsu, atau juga jebakan lain yangterlihat menggiurkan.

Namun dari begitu banyaknya jenis penipuan,Microsoft melalui National Cyber Security Awareness Month (NCSAM) menyimpulkanbahwa ada 5 modus penipuan yang paling sering dilakukan.

Laporan tersebut dibuat berdasarkan hasilsurvei pengguna internet di beberapa negara. Tak disebutkan berapa jumlahkorenponden yang mengikutinya, namun Microsoft mengklaim sudah cukup mewakiliberbagai ancaman yang ada di internet.

Seperti yang dituliskan pada situs Microsoftdan dikutip detikINET, berikut adalah 5 modus penipuan yang paling seringdilakukan oleh para penjahat cyber.

Selamat, AndaMenang Lotre!



Pengguna internet mungkin sudah tidak asingdengan modus penipuan ini, di sini calon korban akan dimingi-imingi uangbenilai besar sebagai hadiah lotre. Ya, meski tak pernah merasa sudah mengikutilotre, namun banyak sekali korban yang tertipu.

Namun alih-alih mendapatkan uang yangdiinginkan, korban justru biasanya dimintai mengisi data diri pada form khusus.Tapi ada juga yang malah dibawa berkeliling menuju situs yang tidak jelas.

Hasil riset Microsoft menyebutkan bahwapenipuan jenis ini pernah dialami 44% koresponden mereka.

Antivirus Palsu



Penyebaran antivirus palsu memang kianmenjadi-jadi. Pelaku biasanya menakuti-nakuti korban dengan menyebutkan bahwakomputernya terinfeksi virus berbahaya, ia pun sok menjadi pahlawan denganmenawarkan bantuan pembersihan.

Tak dinyana, pelaku yang seolah-olah menjadidewa penolong itu justru akan memasukkan virus ke dalam komputer korban, ataumenawarkan program antivirus palsu yang berharga miring.

Modus seperti ini memang sudah lama beredar,saking lamanya malah sudah ada pelaku yang berhasil dibekuk. Wanita ini pundiganjar dengan hingga denda Rp 1,5 Triliun.

Hasil riset Microsoft menyebutkan bahwapenipuan jenis ini menguasai 40% dari hasil survei yang dilakukan.

Email Jebakan



Terkadang ada email yang mengaku-ngaku dariinstansi atau perusahaan tertentu. Tapi awas bisa jadi itu adalah salah satumodus penipuan jika email tersebut mengandung link yang tidak jelas arahnya.

Terdengar aneh memang, namun modus penipuanseperti itu ternyata pernah dialami 39% koresponden yang mengikuti surveiMicrosoft.

Pangeran danPutri Penipu



Pernah menerima email dari seseorang yangmengaku sebagai pangeran atau putri dari negara tertentu? Jika iya, hampirdipastikan bahwa itu adalah salah satu jenis penipuan yang paling populer.

Pelaku yang mengaku pangeran atau putri itubiasanya meminta pertolongan kepada korban, biasanya berbentuk donasi denganmengirimkan sejumlah uang ke rekening yang sudah ditentukan.

Hasil riset Microsoft menyebutkan bahwapenipuan jenis ini menguasai 39% dari hasil survei yang dilakukan.

Janji Manis Kerjadi Rumah



Bosan jadi pegawai dan ingin punya bisnissendiri? Hal itu bisa dimanfaatkan penipu untuk menjerat para calon korbannya.

Di sini calon korban akan diiming-imingi salahsatu cara untuk mencari uang dari rumah, pekerjaan yang ditawarkan biasanyatidak sulit namun bisa menghasilkan begitu banya uang.

Tapi awas, jangan langsung percaya. Sebab 38%koresponden Microsoft mengaku telah menemui penipuan sejenis ini.

Kelima modus yang telah disebutkan itu memangadalah jenis penipuan yang paling populer, namun tak dipungkiri lagi jika diluar sana masih banyak jenis penipuan lainnya. Termasuk melalui jejaring sosialyang kian ramai.

Hasil survei tersebut juga menyebutkan bahwahanya ada 12% dari total koresponden yang merasa sudah terlindungi dengan baik,sedangkan sisanya mengaku pernah terjebak dengan penipuan tersebut.

Follow On Twitter