Kondisi Black Box Sukhoi Hangus



Kondisi Black Box Sukhoi Hangus [ www.BlogApaAja.com ]

- Meski kondisi kotak hitam berupa Voice Cockpit Recorder(VCR) milik Sukhoi Superjet 100 yang ditemukan kemarin sudah hangus dan rusak karena terbakar, Komisi Nasional Keselamatan Transportasi(KNKT) berharap isi di dalamnya masih bagus termasuk data-data rekamannya." Semoga dalamnya masih bagus," ujar Ketua KNKT, Tatang Kurniadi saat ditemui di Pasir Pogor, Cijeruk, Bogor, Rabu(16/5/2012).
Wartawan yang melihat perbandingan antara kotak hitam yang masih baru dengan yang ditemukan secara fisik tidak ada perbedaan. Namun terlihat black box yang berisi percakapan terakhir pilot tersebut tidak semulus yang diperkirakan.

Warnanya hitam, berbeda dengan yang baru berwarna oranye Selain itu, bentuknya pun sedikit bengkok.
Kotak hitam pesawat Sukhoi Super Jet 100 ditemukan tim Kopassus, Selasa (15/5/2012). Setelah ditemukan, kotak hitam tersebut langsung dibawa ke posko Cimelati, Sukabumi sampai akhirnya disampaikan ke posko utama di Cipelang, Kabupaten Bogor pada pukul 21.30 WIB.

Letkol Sobri yang memimpin Kopassus dalam proses evakuasi tersebut langsung menyerahkan kotak hitam yang ada di dalam ransel hijau kepada Danrem 061 Surya Kencana Kolonel Infantri Anton Mukti Putranto di Pos Pusat Evakuasi Balai Embrio Ternak Kementerian Pertanian, Desa Cipelang, Kecamatan Cijeruk, Kabupaten Bogor.

Black box ditemukan oleh lima anggota Kopasus yang tergabung dalam Tim C dengan pemimpin Letnan Satu Infanteri Taufik.

Setelah diserahkan, benda yang berada dalam ransel tersebut dibawa keruangan untuk dipastikan apakah black box atau bukan. Setelah diperiksa KNKT ternyata benar benda tersebut Black Box Sukhoi.
Pagi harinya, Rabu (16/5/2012) kotak hitam tersebut diserahkan kepada Basarnas, kemudian langsung diserahkan ke KNKT untuk diteliti di laboratorium KNKT.


Follow On Twitter