Misteri Dongeng Circle Di Barat Daya Afrika Terpecahkan




Misteri dongeng cirle terpecahkan: Seorang peneliti Florida mengklaim telah memecahkan misteri "dongeng circle" yang menandai gurun di barat daya Afrika.

Massa cincin berumput yang menutupi Gurun Namib di barat daya Afrika membuat para ilmuwan bingung selama bertahun-tahun, tapi sebuah penelitian terbaru menemukan fenomena tersebut cenderung dibuat oleh rayap.

Cincin, yang dikenal sebagai "dongeng circle" bagi sebagian orang, muncul dalam pola teratur melintasi padang pasir di Angola ke Afrika Selatan, dan mereka bisa tetap berada di sana selama beberapa dekade, seperti dilaporkan LiveScience, mengutip sebuah penelitian di jurnal Science yang diterbitkan pada hari Kamis (28/3). Menurut mereka hal itu terbentuk oleh jenis rayap, Psammotermes allocerus.

Majalah Science mengatakan tahun lalu bahwa "puluhan ribu formasiterlihat terbentuk di tanah, dengan diameter2 sampai 12 meter"menutupi area tersebut. Dan orang-orang Himba telah mengatakan kepada peneliti bahwa pola-polaitu dibuat seperti "jejak para dewa," katanya, atau dibuat oleh para "nenek moyang asli, Mukuru," menurut The New York Times.

Norbert Juergens, seorang profesor ekologi di University of Hamburg, menulis dalam penelitian bahwa rayap "sejenis berang-berang berkaitan dengan intensitas perubahan lingkungan, tetapi melampaui hal itu berkaitan dengan dimensi spasial dampaknya," menurut Times .

"P. allocerus ternyata daerah kehidupan gurun dengan lanskap luas yang didominasi oleh spesies- padang rumput kaya yang mendukung kehidupan abadi bahkan selama musim kering dan kekeringan tahunan, "tulisnya.

Dia menyadari bahwa setiap kali ia menemukan bekas kotoran di dalam lingkaran, ia menemukan rayap, menurut nbLiveScience. Ia juga menemukan bahwa kebanyakan bidang tanah memiliki lapisan pasir semen, terowongan bawah tanah, dan bahan tanaman, yang merupakan tanda-tanda kehadiran rayap.

Walter R. Tschinkel, seorang ahli biologi di Florida State University, pertama menyimpulkan bahwa teori rayap adalah alasan atas lingkaran tersebut, tapi ia kemudian menarik kembali klaim itu, menyebut sebuah misteri lingkaran yang belum terpecahkan.

Dia menulis kritik terhadap studi Juergens, mengatakan bahwa ia "telah membuat kesalahan ilmiah umum dalam korelasi membingungkan (bahkan korelasi sangat kuat) sebagai penyebab," menurut Times.

Peneliti lain, Yvette Naude dari University of Pretoria, Afrika Selatan, yang tidak mengambil bagian dalam penelitian ini, adalah sama skeptis.

"Makalah ini merupakan tambahan yang berguna untuk memperdebatkan asal dongeng circle," kata Naude LiveScience. Namun, paper "tidak menjawab pertanyaan kunci seperti apa faktor utama yang menyebabkan kematian tanaman tiba-tiba, yaitu terbentuknya dongeng circle," katanya. (EpochTimes/sua)

Alex Johnston

Follow On Twitter